FASE - FASE HIDUP

Hidup merupakan hak bagi seluruh manusia di bumi. Hidup berarti bertumbuh, bertumbuh dalam segala hal, fisik, rohani dan lain-lain. Dalam hidup ada beberapa fase; fase anak-anak, fase remaja, dan fase dewasa.

Fase Anak-anak

Fase anak-anak merupakan fase yang paling menyenangkan. Ketika kita bayi,lalu belajar merangkak, berjalan, lalu berlari sampailah kita pada masa anak-anak. Kita mulai bertemu dengan anak-anak lainya, bermain bersama-sama.
Bermain merupakan hal yang wajib dilakukan oleh anak-anak, dengan bermain anak-anak akan merasa senang, merdeka. Permainan mempengaruhi perkembangan dalam hidup, permainan dapat meningkatkan kemampuan fisik, dan kemampuan berpikir. Jadi sangat disayangkan jika anak-anak tidak bermain seperti anak-anak kebanyakan.

Fase Remaja

Fase Remaja merupakan fase transisi dari anak-anak menjadi dewasa. Stanley Hall, mendefinisikan masa remaja sebagai mereka yang mengalami perubahan karakter dari era kanak-kanak kepada masa kedewasaan. Beliau menyebutkan bahwa pada masa ini akan terjadi “storm & stress” atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan “badai & topan”.
Pada usia remaja, seseorang akan mengalami puncak emosional dalam hidupnya. Pertumbuhan organ seksual memiliki peran yang tinggi dalam perkembangan emosinya, misalnya saja muncul perasaan cinta dan hasrat terhadap lawan jenis. 

Fase Dewasa

Fase Dewasa merupakan periode penyesuaian diri terhadap pola-pola kehidupan yang baru dan harapan-harapan sosial baru. Orang dewasa awal diharapkan memaikan peran baru, seperti suami/istri, orang tua, dan pencari nafkah, keinginan-keingan baru, mengembangkan sikap-sikap baru, dan nilai-nilai baru sesuai tugas baru ini (Hurlock, 1996).
Dikatakan oleh Hurlock (1990) bahwa seseorang dikatakan dewasa bila telah memiliki kekuatan tubuh secara maksimal, siap berproduksi, dan telah dapat diharapkan memiliki kesiapan kognitif, afektif, dan psikomotor, serta dapat diharapkan memainkan peranannya bersama dengan individu-individu lain dalam masyarakat.

Sumber-sumber:
http://dosenpsikologi.com/psikologi-remaja
http://www.sarjanaku.com/2013/01/pengertian-masa-dewasa-awal-definisi.html
 

 



Komentar