Web Semantik

Dalam buku e book yang saya dapat dari google terdapat tuulisan
A research agenda that can help identify what needs to stay fixed and where change can be profitable is imperative. This is the aim of Web science, which aims to map how decentralised information structures can serve these scientific, representational and communicational requirements, and to produce designs and designs principles governing such structures. Web science is a deliberately ambiguous phrase.web science has to be merging of these two paradigms; the web needs to be studied and understood, and it needs to be engineered.
Tulisan diiatas saya translate menggunakan google translate :
Agenda penelitian yang dapat membantu mengidentifikasi apa yang perlu dijaga tetap dan di mana perubahan bisa menguntungkan sangat penting. Ini adalah tujuan ilmu Web, yang bertujuan untuk memetakan bagaimana struktur informasi yang terdesentralisasi dapat melayani persyaratan ilmiah, representasional dan komunikatif ini, dan untuk menghasilkan prinsip-prinsip desain dan desain yang mengatur struktur tersebut. Ilmu sains adalah frase yang sengaja ambigu. Ilmu sains harus menggabungkan dua paradigma ini; web perlu dipelajari dan dipahami, dan perlu direkayasa.
Web Semantic adalah sekumpulan informasi yang dikumpulkan dengan metode tertentu agar dapat dengan mudah diproses oleh mesin, dalam skala yang besar. Ini seperti cara yang e_sien dari representasi data pada World Wide Web, atau sebagai database global yang saling terhubung. Web Semantic dikembangkan oleh sebuah tim di World Wide Web consortium. Hingga saat ini Web Semantic masih dalam tahap pengembangan dan penyempurnaan, karena teknologi ini masih baru digunakan dan tim masih mengembangkan metode masing-masing untuk mengembangkan Web Semantic.
Web Semantik terdiri dari seperangkat prinsip-prinsip desain, kelompok kerja kolaboratif, dan berbagai teknologi. Beberapa elemen dari Web Semantik yang dinyatakan sebagai calon masa depan dan unsur-unsur lain dari Web Semantik disajikan dalam spesifikasi formal dimaksudkan untuk memberikan deskripsi formal konsep, istilah, dan hubungan dalam satu domain tertentu.
Istilah Web Semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan Web Semantik. Web Semantik menggunakan XML, XMLS (XML Schema), RDF, RDFS (Resources Description Framework Schema) dan OWL. komponen-komponen penyusun dari WEB 3.0 antara lain :
·         Web semantic
·         Format mikro
·         Pencarian dalam bahasa pengguna
·         Penyimpanan data dalam jumlah besar
·         Pembelajaran lewat mesin
Fungsi Web Semantic
Seperti telah dijelaskan di atas bahwa tujuan utama dalam penerapan web Semantic adalah untuk menemukan informasi yang tepat dan cepat dalam kumpulan informasi yang tersebar luas dalam dunia internet. Dengan melihat tujuan tersebut maka web semantic lebih tepat untuk penggunaan di dalam perusahaan yang biasanya membutuhkan informasi dalam waktu yang cepat, dan informasi tersebut mengambil referensi dari banyak sumber. Dalam sebuah perusahaan web semantic dapat digunakan untuk :
·         Decision Suport
·         Business Development;
·         Information Sharing and Knowledge;
·         Administration and Automation.



Sumber:
A Framework for Web Science oleh Tim Berners Lee, Wendy Hall





Komentar