Memahami perbedaan budaya

Memahami perbedaan budaya

Budaya dideskripsikan secara luas sebagai faktor yang menentukan masing-masing kita berdasarkan geografi, bahasa, adat istiadat, dan kepercayaan. Orang dan institusi di dalam budaya kita sendiri memainkan peran penting bagi cara pandang kita terhadap dunia dan sekeliling kita. Tergantung seberapa kuat pengalaman dan pengaruh masa lalu itu, kedua faktor ini mempengaruhi respons kita terhadap individu yang kita temui, yang kita persepsi sebagai orang luar dari budaya kita sendiri.

Glosari Istilah

Sudah banyak tulisan tentang cara bekerja dengan kelompok yang berbeda-beda. Dan di banyak negara, ada hukum yang mengatur relasi dengan beragam kelompok di tempat kerja. Supaya mendapat pemahaman yang lebih baik, kita perlu memahami terminolog yang lumrah digunakan. Berikut sebagian diantaranya.

Penerimaan : Pengalaman dalam suatu situasi atau kondisi tanpa upaya mengubahnya.

Ageisme : Perilaku negatif, kepercayaan, atau praktik terhadap suatu kelompok berdasarkan usia.

Asimilasi : Penerimaan secara sukarela/terpaksa oleh kelompok minoritas menyangkut sebagian aspek dari kelompok dominan.

 Asumsi : Menerima begitu saja; memercayai tanpa bukti bahwa budaya,agama, atau karakteristik lain dari suatu kelompok lebih unggul dari yang lainnya.

Bias : Kecenderungan personal menyangkut temperamen atau tampilan. Prasangka yang pro atau kontra terhadap anggota satu tipe orang atau lebih.

Rasisme : Kepercayaan negatif tentang sekelompok orang berdasarkan ras, perlakuan tidak adil terhadap individu atau kelompok berdasarkan ras.

Segregasi : Pemisahan atau isolasi terhadap individu atau kelompok.

DLL

Sumber : buku karya Dale Carnegie 

Komentar