Software Editing Film

Dalam pembuatan film, diperlukan seorang penulis naskah yang baik,agar cerita dalam film tidak monoton dan mudah ditebak. Setelah seorang penulis menyelesaikan tugasnya maka Produser yang mencari pemeran-pemeran yang sesuai dengan karakter pada naskah. seorang aktor/aktris bekerjasama dengan sutradara, supaya adegan-adegan dalam film bagus.

Setelah proses film selesai, maka tugas editor untuk memberikan efek-efek tertentu. Efek-efek berguna untuk memberikan kesan nyata ketika sedang ditonton. Dalam melakukan pengeditan maka diperlukan software editing yang berkualitas.

Contoh - contoh software editing film :

Adobe Primiere Pro




 Software ini digunakan untuk membuat beberapa film terkenal dan acara TV. Software editing film ini termasuk ke dalam jenis software yang mampu membuat film profesional. Dan jenis software ini dikembangkan oleh Adobe Systems. Oleh karena itu, software ini mudah digunakan oleh Adobe yang lain untuk pembuatan film platform saat mengedit film dan untuk mengekspor produk akhir untuk software Abode lainnya. Versi pertama dari software Abode Premiere ini dirilis pada tahun 1991, dan versi terbarunya dari sang pembuat film keluar pada bulan Juni 2015 untuk mendukung sejumlah besar format file yang ada dan memungkinkan editor video untuk menggunakan efek visual dari sebelumnya, termasuk tampilan Color Workspace yang baru, Morph Cut, dll.

Avid Media Composer

Jenis software ini bisa dikatakan sebagai software pembuat film yang paling umum di industri film dan TV. Software ini pertama kali dirilis pada tahun 1989, editor non linier ini memungkinkan terjadinya integrasi hardware antara perusahaan lain dalam alur kerjanya. Software dalam versi kotak ini berisi perangkat lunak dari pihak ketiga seperti perangkat lunak kompresi Sorenson Squeeze dan penciptaan musik di software Fine Pro 5.

Final Cut Pro

Software editing film ini pertama kali dirilis pada tahun 1999, pembuat film dari Apple menempatkan software ini pada sebuah Media Composer populer. Final Cut Pro memungkinkan untuk melakukan pengeditan dalam format Quick Time kompatibel dan dapat diintegrasikan dengan produk Apple lainnya. Final Cut Pro juga menawarkan filter dan transisi video yang banyak yang dapat mendukung pekerjaan dengan beberapa video dan audio trek yang memungkinkan mengkombinasi video lebih dari satu kamera.

 Sumber-sumber:

Komentar