E-Tol



Perkembangan teknologi berlangsug cepat sejak tahun 2000-an, tujuan dari perkembangan tersebut untuk memudahkan atau mempercepat kegiatan manusia. Dalam bidang pertahanan teknologi digunakan untuk meluncurkan rudal, sebagai contoh Korea Utara. Korut sedang aktif mengembangka teknologi rudalnya. Dalam bidang transportasi, terjadi perkembangan yang sangat signifikan. Sistem transportasi konvesional kalah saing dengn transportasi berbasis onlie, hal ini disebabkan kemudahan yang diberikan transportasi online lebih tinggi dari konvesional.

Sistem pembayaran juga mengalami perkembangan, pembayaran saat ini dapat dilakukan secaara internet banking. Contoh lain perkembangan sistem pembayaran adalah pembayaran masuk tol. Setelah beberapa tahun ini dibuat gerbang tol khusus pengguna kartu e-tol, maka pada oktober 2017 gerbang tol hanya melayani pembayaran e-tol. E-tol memiliki bentuk seperti kartu atm pada umumnya. Kartu tersebut harus memiliki saldo yang cukup. Saldo e-tol dapat ditambah di minimarket terdekat ,seperti alamart atau indomart.


E-tol memiliki dampak positif dan negatif, kartu e-tol bermanfaat untuk menghemat waktu transaksi pengguna jalan tol, hal ini dapat membantu mengurangi kemacetan dijalan tol. Adanya e-tol juga memberi keuntungan bagi bank yang bekerjasma dengan kartu, karena uang pengguna kartu akan disimpan dibank sebelum digunakan. Dampak negatif dari penggunaan e-tol adalah bertambahnya pengangguran, karena pengguna e-tol hanya perlu untuk menempelkan kartu ke mesin yang sudah disediakan. Segala perubahan pasti memiliki efek negatif , tetapi perubahan sangat penting  untuk dapat maju.

Komentar