Harus Berpendidikan

Pendidikan adalah proses yang melibatkan pengetahuan, kebiasaan dan keterampilan dari satu generasi ke generasi lainnya melalui pengajaran, penelitian dan pelatihan. Pendidikan bisa  dilakukan dalam bentuk formal atau informal. Pendidikan formal melibatkan pembelajaran yang dilembagakan berdasarkan kurikulum. Di masyarakat saat ini, pendidikan dan pembelajaran memainkan peran yang sangat diperlukan dalam membentuk kehidupan individu dan masyarakat pada umumnya. Cara paling efektif untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan dan memperbaiki kesehatan masyarakat adalah dengan berinvestasi di bidang pendidikan.Tenaga kerja manusia sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi. Tenaga kerja berpendidikan lebih tinggi menstimulasi pertumbuhan ekonomi. Selain itu, angkatan kerja berpendidikan tinggi dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan kondisi kerja yang baru. Mengingat hal itu, terbukti bahwa pendidikan berfungsi sebagai pendorong inovasi produk dan layanan baru. Tenaga terdidik bertukar gagasan di tempat kerja dan menghasilkan gagasan baru yang membantu pertumbuhan ekonomi.
Pendidikan mengurangi kemiskinan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menciptakan lapangan kerja bagi orang berpendidikan. Melalui pekerjaan, seseorang mampu menjalani kehidupan yang layak. Pendidikan membantu meningkatkan keamanan ekonomi, menciptakan peluang pendapatan dan memperbaiki mata pencaharian ekonomi yang kurang beruntung dengan menyediakan mekanisme pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. Pendidikan lebih jauh mengentaskan kemiskinan melalui keterampilan yang diperoleh dalam proses pembelajaran. Keterampilan seperti pertukangan, plumbing dan batu adalah relevan di ekonomi non-formal. Seseorang dapat memperoleh keterampilan ini melalui pelatihan teknis dan kejuruan.
Orang yang terpelajar sadar akan kesehatan dan hidup lebih lama dari rekan-rekan mereka karena mereka terlibat dalam kebiasaan sehat seperti makan makanan yang seimbang, berolahraga secara teratur dan melakukan pemeriksaan kesehatan. Dengan berinvestasi di bidang pendidikan, seseorang juga akan berinvestasi dalam kesehatan mereka. Pendidikan berfungsi untuk menciptakan ruang bagi kemajuan teknologi di bidang kedokteran dan pertanian. Teknologi canggih yang digunakan untuk melakukan operasi telah menggantikan metode tradisional. Hal ini telah melihat peningkatan kesehatan masyarakat dan peningkatan harapan hidup. Sebagian besar negara berkembang memiliki harapan hidup rendah dibandingkan dengan negara maju. Hal ini dapat dikaitkan dengan tingginya tingkat buta huruf yang ada di negara-negara berkembang. Ini berarti kesehatan yang buruk dan kebiasaan makan yang buruk.
Kesimpulannya, pendidikan adalah satu-satunya cara untuk mengurangi kemiskinan, memperbaiki kesehatan masyarakat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Meningkatkan tingkat melek huruf di masyarakat marjinal akan memperbaiki standar hidup manusia.

Komentar