Liga Champions UEFA








Kejuaraan ini pertama kali dicetuskan oleh salah satu majalah olah raga Perancis. Trofi berbentuk piala yang dijuluki "The Big Ears" (Telinga Besar),dan trofi pertama berbeda dengan yang sekarang diperebutkan (dibuat oleh Stadellman). Piala yang diperebutkan sekarang adalah edisi ke-6. Pada awalnya kejuaraan memperebutkan piala bernama Piala Juara Klub Eropa atau European Champion Clubs' Cup, yang biasanya disingkat menjadi Piala Eropa (European Cup, dan berbeda dari Piala Eropa seperti yang dikenal di Indonesia sekarang ini yang merujuk kepada European Championship). Kejuaraan ini dimulai pada musim 1955/56 dengan menggunakan sistem gugur dua leg, yaitu setiap tim bermain dua pertandingan, satu tandang dan satu di kandang, dan tim dengan skor rata-rata tertinggi maju ke babak berikutnya. Hanya tim-tim juara liga di masing-masing negara, ditambah dengan pemegang juara pada saat itu, yang berhak ikut ajang kompetisi ini.

UCL telah berlangsung lama, dari seluruh tim di eropa ada beberapa klub yang dapat menjuarai ucl lebih dari 1 kali:

1. Real Madrid
Klub asal spanyol ini memiliki gelar yang paling banyak, klub yang saat ini dibintangi C. Ronaldo telah menjuarai liga champion sebanyak 12 kali.
2. AC Milan
AC Milan diwaktu lampau adalah klub yang disegani dieropa, hanya saja beberapa tahun terakhir klub Italia ini melempem. AC Milan menjadi klub Italia terbanyak menjuarai liga champion, dengan 7 kali gelar.
3. FC Bayern Munchen& FC Barcelona, dan Liverpool
Bayern, Liverpool,dan Barca memiliki gelar sebanyak 5 kali, Bayern Munchen adalah klub raksasa jerman yang disegani dieropa Bayern memiliki pemain-pemain yang berbakat. Hal itu tak mengherankan klub dengan julukan Bavarian disegani di eropa.
Barcelona merupakan klub asal spanyol,jika kita berbicara Barca, maka tak lepas dari 'Messi'. Messi merupakan pencipta gol Barca terbanyak sepanjang masa. Akademi La masia membuat Barca tak kehabisan pemain-pemain muda berbakat.
Liverpool menjadi klub ingris terbanyak peraih liga champion, namun kejayaan dimasa lalu berbanding terbalik dengan masa kini.
 
4.AFC Ajax 
Ajax memasuki periode keemasan pada periode 1970-an. Saat masih ditangani Draches Van Stock dan diperkuat Dua Belas Rasul-nya, Ajax merajai Eropa dengan menjuarai Liga Champions tiga tahun berturut-turut pada rentang 1971-1973.
Ajax kemudian dikenal dengan sistem pembinaan pemain muda yang handal dan terus melahirkan pemain-pemain berbakat dari dalam maupun luar Belanda. Seakan tiada habisnya, Ajax terus mengekspor para pemain terbaiknya, mulai dari Marco van Basten, Dennis Bergkamp, hingga Patrick Kluivert. Hal ini menyebabkan Ajax menjadi peraih 4 kali liga champion.

5. Man. United dan Inter Milan
MU dan Inter menjuarai liga champion sebanyak 3 kali, MU yang berjuluk The red devil  memilik fans tebanyak diseluruh dunia.

Komentar