Apa yang terjadi diotak seblum kematian

Para peneliti di Universitas Michigan menemukan sebuah fenomena menarik. Ketika tikus mati secara klinis, aktivitas otak mereka mengembang dan menunjukkan ciri elektrik kesadaran yang melampaui tingkat seperti hewan dalam keadaan sadar.


.
"Kami beralasan, jika pengalaman menjelang kematian berasal dari aktivitas otak, korelasi kesadaran syaraf seharusnya dapat dikenali pada manusia atau hewan bahkan setelah aliran darah serebral berhenti, kata salah satu tim, ahli saraf, Jimo Borjigin.

Itulah yang mereka deteksi dari tikus yang diberi anestesi. Terdapat gelombang aktivitas otak yang sangat sinkron pada tikus tersebut dalam waktu 30 detik karena gagal jantung yang diinduksi, sesuai dengan pola yang akan dilihat pada otak dengan rangsangan tinggi.

Fenomena terdeteksi tersebut menyangkal anggapan yang mengatakan bahwa aliran darah yang telah berhenti akibat kematian klinis membuat otak secara serentak tidak berdaya.
.
"Penelitian ini mengatakan, pengurangan oksigen atau glukosa dan oksigen, selama serangan jantung dapat merangsang aktivitas otak yang merupakan sifat proses saat sadar.

Ini juga menjelaskan pengalaman menjelang kematian yang dilaporkan oleh banyak orang yang selamat dari serangan jantung," kata Borjigin.

Jika otak manusia mengalami hal serupa, itu dapat membantu menjelaskan rasa kesadaran yang dialami oleh beberapa orang yang berhasil bangkit dari keadaan darurat medis.

Komentar