Demokrasi Digital

Konsep Demokrasi Digital


Demokrasi digital mempunyai arti bahwa orang dapat berpendapat bebas di sebuah media informasi sebagai bentuk partisipasi politik atau penggalangan dukungan publik. Demokrasi akan terus menyebar, mengakar dan tumbuh dibandingkan dengan sejarah demokrasi pada abad sebelumnya. Masyarakat bisa dengan mudah mengkritik pemerintah melalui status maupun “Meme” yang dibuat selucu mungkin di sosial media. Demokrasi digital memiliki beberapa sifat di antaranya adalah sifatnya yang interaktif di mana semua warga negara bisa berdialog secara langsung melalui dunia maya.


Ruang Publik Digital : Internet dan Ponsel

Internet

Internet (interconnection networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Manfaat internet :

-          Menambah wawasan dan pengetahuan

-          Komunikasi menjadi lebih cepat

-          Internet sebagai wahana hiburan

Ponsel

Ponsel merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang dapat dibawa ke mana-mana  dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel. Ponsel biasanya dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti kemampuan untuk menangkap siaran radio, perangkat lunak pemutar audio dan video, kamera digital, dan game.

Manfaat ponsel :

-          Hiburan

-          Sebagai alat penyimpanan data

-          Sebagai alat komunikasi



Hubungan Ponsel dengan Internet.

Pada zaman sekarang, ponsel yang dahulu dikenal oleh masyarakat sudah berubah menjadi ponsel pintar atau smartphone. Pada smartphone, banyak aplikasi – aplikasi yang membutuhkan internet untuk mengaksesnya. Tanpa internet, smarphone hanyalah ponsel biasa yang hanya bisa sms ataupun telepon. Banyak keunggulan yang didapatkan pada smarphone  yang tidak ada di ponsel biasa.

Dampak negatif  smartphone antara lain  :

-          Dapat mempermalas diri

-          Kurangnya kepedulian pada lingkungan sekitar.

Komentar