Game Development: Game Designer

Desainer adalah orang yang bertugas untuk membuat alur cerita dalam sebuah game. Dengan itu, tentunya kita tidak akan cepat bosan ketika bermain game karena kita akan terbawa oleh alur cerita.
Desainer game merancang game apa yang dibuat  dan bagaimana memainkannya. Mereka merencanakan dan menentukan semua elemen permainan: settingnya; struktur; aturan; alur cerita; karakter; benda, alat peraga, kendaraan, dan perangkat yang tersedia untuk karakter; desain antarmuka; dan mode permainan. Begitu permainan dirancang, Game Designer mengkomunikasikan hal ini kepada tim pengembang lainnya yang menciptakan aset seni dan kode komputer yang memungkinkan permainan dimainkan.


Terkadang Game Designer hadir dengan premis game. Lebih sering, sebagian besar bahan inti sudah ditentukan dan mereka harus memutuskan bagaimana menciptakan permainan terbaik dengan menggunakan elemen-elemen ini, dalam anggaran dan skala waktu tertentu.
Desainer Game dipekerjakan oleh studio pengembangan, baik yang independen maupun milik penerbit. Proses perancangan permainan biasanya dibagi antara sejumlah orang yang berbeda, diawasi oleh Lead Designer.
Desainer game harus memiliki pemahaman mendalam tentang kemampuan dan manfaat dari platform perangkat keras yang berbeda (misalnya PC, konsol, perangkat seluler, dsb.), Serta keakraban dengan teknologi dan teknik perangkat lunak yang sesuai untuk setiap platform.

Bagian-bagian pada designer game:

1. Lead designer adalah orang yang bertanggung jawab atas semua kinerja team nya. Dia juga memastikan komunikasi tim berjalan dengan baik dan mengambil keputusan.

2. Game mechanic designer adalah orang yang mendesain dan menyeimbangkan mekanika alur cerita pada sebuah game.

3. Level designer or environment designer adalah orang yang bertanggung jawab dalam pembuatan misi game, level game, dan lingkungan sekitar pada game.

4. Writer adalah orang yang bekerja untuk memahami cerita dari permainan, dialog, komentar, dan cerita cuplikan game.

Itulah bagian-bagian dari designer.
Biasanya para designer game kebanyakan mengambil cerita dari karya novel, film dan lain-lain yang diadaptasikan ke sebuah game, contoh: game wall-e

http://creativeskillset.org/job_roles/331_game_designer
http://entokjantan030.blogspot.co.id/2011/03/tugas-designer-game-dalam-pembuatan.html

Komentar