Game Industri : Xbox


Sekarang lanskap game telah berubah berkat Xbox. Saat ini mesin konsol game dari Microsoft ini merupakan pesaing utama dari semua konsol game di seluruh dunia. Ini tidak mudah untuk meyakinkan sebuah perusahaan yang berfokus pada merek seperti Windows, perangkat lunak server dan Office yang harus masuk ke dunia hiburan, terutama meyakinkan CEO, Bill Gates bahwa konsol adalah jalan ke depan yang sangat cerah.
Dan pada Game Developers Conference (GDC) di tahun 2000, Microsoft sudah cukup untuk menunjukkan kepada dunia bahwa perusahaan ini pantas diperhitungkan di dunia game, dan kehadiran Bill Gates di atas panggung telah menghapus keraguan para pengembang akan mesin game dari Microsoft ini.

Xbox Pertama
Sebuah desain dari kota chrome dengan logo X di bagian atasnya adalah desain prototipe yang berhasil menangkap banyak perhatian, dan ini tidak benar-benar diwujudkan, karena tubuhnya yang besar dan tidak pernah mungkin muat untuk diletakkan di bawah televisi kebanyakan orang.
Setelahnya, desain final dari E3 sudah siap untuk diluncurkan. Perangkat ini diberi nama DirectX Box untuk waktu yang lama. Beberapa waktu sebelum peluncurkan nama ini masih dipakai, sampai akhirnya nama dari perangkat ini disingkat menjadi Xbox, dan nama ini tidak bisa dihindarkan lagi. Maka disitulah Xbox lahir.
Microsoft telah menjalin kontrak eksekutif dengan pengembang Bungie menjelang peluncuran Xbox, tetapi meskipun Halo ditunjukkan di E3, dampak dari Master Chief beserta karakter lainnya bukanlah sesuatu yang sudah dapat diprediksi di hari-hari ketika Oddworld: Munch's Oddysee dan Project Gotham Racing telah dianggap sebagai game dengan judul premium.

Xbox 360
Pada saat tahun 2005 tiba, penerus dari Xbox pun tiba, dan berpotensi menjadi pesaing yang paling berat bagi PlayStation. Sony tengah memperkenalkan PlayStation 3, tapi ambisi Microsoft pun juga sedang tinggi untuk merk gamenya, dan perusahaan pun memperkenalkan 360 sebagai penerus dari Xbox generasi pertama atau original.
Kali ini pendekatan perusahaan berbeda. Xbox sekarang dipandang sebagai konsol utama dengan dukungan besar dari para pengembang dan tentu saja, Microsoft.

Kinect
Sebagai gamer hardcore yang menikmati masa emas game canggih saat ini yang dimulai dengan Nintendo Wii yang membawa cara bermain yang berbeda. Dan pada tahun 2010 Microsoft menjawab tantangan dari Nintendo Wii ini dengan melepaskan motion controller sendiri yang bernama Kinect.
Konsep, yang dimulai sebagai "Project Natal", diperkenalkan di E3 pada musim panas 2009 dan diumumkan akan tersedia untuk konsumen umum pada November 2010. Ini adalah sukses besar untuk para basis penggemar Microsoft. Microsoft mengatakan pada bulan Februari bahwa sebanyak 24 juta Kinect telah dijual dan ini adalah bagian besar dari perencanaan untuk meneruskan kesuksesan dari Xbox 360.

Xbox One
Desas-desus tentang 'Xbox 720' telah beredar selama bertahun-tahun, tetapi pengumuman resmi dari Xbox One dibuat pada tanggal 21 Mei 2013.

link:

Komentar