Participatory Culture

Konvergensi

Konvergensi, dalam pengertian ini, lebih pada 'multi platform', di mana teks dan khalayak media mungkin mulai bergerak hampir mulus melintasi berbagai bentuk plat seperti televisi, radio on-demand online, podcast, konten buatan pengguna, video digital , dan seterusnya. Salah satu hal yang sangat menarik dengan komunikasi 'nomaden' atau 'mobile' adalah bahwa konsep itu sendiri telah menjadi agak amorf.

Computer Mediated Communication


Computer-mediated communication (CMC) ialah suatu transaksi komunikasi yang terjadi melalui penggunaan dua atau lebih komputer jaringan. Istilah tersebut secara tradisional disebut komunikasi yang terjadi melalui-dimediasi format computer, misalnya, pesan instan , e-mail , chat room. Format tersebut diterapkan pada bentuk-bentuk lain dari interaksi berbasis teks seperti pesan teks. Penelitian CMC berfokus pada dampak sosial yang berbeda yang didukung teknologi komunikasi-komputer. Banyak studi yang melibatkan internet berbasis jaringan sosial yang didukung oleh perangkat lunak sosial.


Internet sebagai sebuah jaringan komputer yang memungkinkan adanya transfer data atau informasi melalui bentuk protocol transmisi menurut sistem pengalamatan global.
Ø Internet memiliki 3 komponen, yaitu :
1) Internet memiliki jaringan yang terkoneksi satu sama lain melalui sistem pengalamatan global.
2) Internet menggunakan sebuah bentuk tersendiri dari protocol transmisi.
3) Internet memungkinkan adanya transmisi publik dan privat.


Contoh dari Bentuk CMC, Aplikasi, dan Penggunaannya

Berbagai macam bentuk dari CMC seperti, Friendster, Facebook, Twitter, E-mail, mIRC, Mailing List, Yahoo-Mail, YouTube, dan lain-lain. Berikut ini akan dibahas hanya satu bentuk dari CMC, aplikasi yang ada di dalamnya, serta penggunaannya.
Facebook


Sisi Positif dan Negatif  Konvergensi Media




Positifnya :



- Konvergensi media memperkaya informasi secara meluas tentang seluruh dunia karena ada akses internet.



- Memberikan banyak pilihan kepada masyarakat pengguna untuk dapat memilih informasi yang diinginkan sesuai selera, contohnya saja adalah televisi interaktif dan televisi



multisaluran dimana pengguna memilih sendiri program siaran yang disukai. Sehingga penggunaan teknologi konvergensi menjadi lebih personal.



- Lebih mudah, praktis dan efisien. Tidak perlu punya dua media kalau ternyata bisa punya satu media saja dengan dua fungsi.



- Timbulnya demokratisasi informasi dimana semua orang bisa mengakses informasi secara bebas dan luas dengan berbagai cara dan bentuk.



- Dalam implikasi ekonomi, konvergensi berpengaruh terhadap perusahaan dan industri teknologi komunikasi karena mengubah perilaku bisins. Keuntungan yang didapat dari hasil konvergensi media sangat menguntungkan dan memajukan perusahaan. Selain itu, mudahnya akses informasi membuat industri dan perusahaan semakin mudah dan cepat mengantisipasi tantangan, kebutuhan baru konsumen serta persaingan yang mengetat.



- Di bidang pekerjaan, jelas sekali di jaman sekarang ini jenis-jenis pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi digandrungi banyak orang dan peminat seperti hal-hal yang berbau IT atau sistem informasi, menurut saya hal ini menjadi bukti kuatnya teknologi dalam kehidupan manusia.



- Masyarakat mendapatkan informasi lebih cepat. Contohnya, para pembaca berita online hanya dengan mengklik informasi yang diinginkan di komputer maka sejenak informasi itu pun muncul.



- Interaktif. Masyarakat bisa langsung memberikan umpan balik terhadap informasi-informasi yang disampaikan. Media konvergen memunculkan karakter baru yang makin interaktif, dimana penggunanya mampu berkomunikasi secara langsung dan memperoleh konsekuensi langsung atas pesan (Severin dan Tankard, 2001: 370).



- Konvergensi media menyediakan kesempatan baru yang radikal dalam penanganan, penyediaan, distribusi dan pemrosesan seluruh bentuk informasi secara visual, audio, data dan sebagainya .



Negatif, yaitu :

- Perubahan gaya hidup masyarakat yang menjadi kecanduan teknologi (cybermedia dancybersociety).

- Munculnya masyarakat digital/ masyarakat maya.

- Media cetak/media tradisional/media konvensional mulai kalah dengan media modern/media baru/ media Online

- Kesenjangan sosial yang semakin besar.



Komunikasi Nomaden
 

Berurusan dengan sesuatu seperti ponsel mungkin tampak sebagai pilihan yang paling jelas, namun saya berpendapat bahwa ini adalah sisi media 'mobile' yang kabur, di mana jaringan dan layanan yang sebelumnya dianggap 'statis' sekarang semakin mudah diakses saat bepergian, di mana kita bisa belajar lebih banyak tentang kemungkinan komunikasi 'nomaden' dalam budaya digital.



KOMUNIKASI MOBILE DIGITAL

Seperti yang sudah kita ketahui di Era saat ini kita sudah merasakan Perkembangan Teknologi yang sangat pesat dan berkembang cepat. Diantaranya salah satu Teknologi Komunikasi yang berkembang ialah Teknologi Komunikasi Mobile, awal mulanya Telepon di temukan oleh Alexander Graham Bell. Hingga saat ini Komunikasi Mobile semakin berkembang, dimulai dengan tahun 1996 merupakan puncak nya perkembangan Komunikasi Mobile seperti Telepon, Pager dan HP. Bagaimana cara kita mendefinisikan dan memahami teknologi mobile tersebut? Ya, dengan kita mengetahui perkembangan yang terjadi pada komunikasi mobile sejak tahun 1978 dengan berdirinya penggunaan AMPS. Hingga EDGE saat ini yang diperkenalkan. Sudah mendefinisikan Teknologi Komunikasi Mobile yang dengan melalui jaringan sinyal tersebut, yang gunanya untuk mengirimkan data- data yang diperlukan dari HP yang disebut Mobile tentunya dengan kecepatan yang semakin besar.


Komentar