Teknologi dan perkembangannnya

Teknologi sebenarnya berasal dari bahasa Perancis, yaitu “La Teknique” yang dapat diartikan dengan “Semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional”. Dalam hal ini yang dimaksudkan dengan sesuatu tersebut dapat saja berupa benda atau konsep, pembatasan sedemikian pembuatan atau perwujudan sesuatu tersebut dapat dilaksanakan secara berulang (repetisi).
Beberapa definisi teknologi yang dikemukakan oleh para tokoh, di antaranya :
  1. Menurut Djoyohadikusumo, teknologi berkaitan erat dengan sains (science) dan perekayasaan (engineering).
  2. Sardar mengemukakan bahwa teknologi adalah sarana yang pada akhirnya mencetak suatu peradaban, dia merupakan ungkapan fisik dari pandangan dunianya.
  3. Capra seperti makna ‘sains’, telah mengalami perubahan sepanjang sejarah.
  4. Seorang ahli sosiologi yang bernama Manuel Castells, mendefinisikan atau memberi pengertian teknologi sebagai ‘kumpulan alat, aturan dan prosedur yang merupakan penerapan pengetahuan ilmiah terhadap suatu pekerjaan tertentu dalam cara yang memungkinkan pengulangan’.
  5. Menurut Poerbahawadja Harahap, teknologi mengandung dua pengertian, yaitu sebagai berikut :
  6. Ilmu yang menyelidiki cara-cara kerja di dalam teknik.
  7. Ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik-pabrik dan industri-industri.
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Secara umum, teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas benda maupun tak benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai.
Teknologi merujuk pada alat dan mesin yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah di dunia nyata. Ia adalah istilah yang mencakupi banyak hal, dapat juga meliputi alat-alat sederhana, seperti linggis atau sendok kayu, atau mesin-mesin yang rumit, seperti stasiun luar angkasa atau pemercepat partikel. Alat dan mesin tidak mesti berwujud benda; teknologi virtual, seperti perangkat lunak dan metode bisnis, juga termasuk ke dalam definisi teknologi ini. Teknologi juga dapat dipandang sebagai kegiatan yang membentuk atau mengubah kebudayaan.
Adapun tiga macam teknologi yang sering dikemukakan oleh para ahli, yaitu :
  1. Teknologi Modern
Jenis teknologi ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Padat modal
  2. Mekanis elektris
  3. Menggunakan bahan impor
  4. Berdasarkan teknologi mutakhir
  5. Teknologi Madya
Jenis teknologi ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Padat karya
  2. Dapat dikerjakan oleh keterampilan setempat
  3. Menggunakan alat setempat
  4. Berdasarkan alat penelitian
  5. Teknologi Tradisional
Jenis teknologi ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Bersifat padat karya
  2. Menggunakan keterampilan setempat
  3. Menggunakan alat setempat
  4. Menggunakan bahan setempat
  5. Berdasarkan pengamatan dan kebiasaan.
Teknologi sebenarnya lebih dari sekadar penciptaan barang, benda atau alat dari manusia selaku homo technicus atau homo faber. Teknologi bahkan telah menjadi suatu sistem atau struktur dalam eksistensi manusia di dalam dunia. Teknologi bukan lagi sekadar sebagai suatu hasil dari daya cipta yang ada dalam kemampuan dan keunggulan manusia, tetapi ia bahkan telah menjadi suatu “daya pencipta” yang berdiri di luar kemampuan manusia, yang pada gilirannya kemudian membentuk dan menciptakan suatu komunitas manusia yang lain.
Teknologi juga penerapan keilmuan yang mempelajari dan mengembangkan kemampuan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu bidang. Teknologi merupakan aplikasi ilmu dan engineering untuk mengembangkan mesin dan prosedur agar memperluas dan memperbaiki kondisi manusia atau paling tidak memperbaiki efisiensi manusia pada beberapa aspek.
Selain itu, teknologi adalah terapan matematika, sains, dan pelbagai seni untuk faedah kehidupan seperti yang dikenal saat ini. Sebuah contoh modern adalah bangkitnya teknologi komunikasi, yang memperkecil hambatan bagi interaksi sesama manusia, kebudayaan baru; bangkitnya budaya dunia maya yang berbasis pada perkembangan internet dan komputer.
Demikianlah, teknologi adalah segenap keterampilan manusia menggunakan sumber-sumber daya alam untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya dalam kehidupan. Secara lebih umum dapatlah bahwa teknologi merupakan suatu sistem penggunaan pelbagai sarana yang tersedia untuk mencapai tujuan-tujuan praktis yang ditentukan.

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
Menurut Dictionary of Science, teknologi adalah penerapan pengetahuan teoritis pada masalah-masalah praktis. Teknologi mencakup kegiatan produksi, pemakaian dan pemeliharaan piranti kehidupan. Namun, setelah terjadi proses industrialisasi pada abad 18, pengertian teknologi mengalami perubahan yang pokoknya bertitik tolak dari pengertian penerapan ilmu bagi kesejahteraan hidup. Namun, akhirnya pengertian teknologi menjadi semakin luas, yakni mencakup bidang sosial, yang sering disebut dengan “The Social Technology Development” (Teknologi Sosial Pembangunan) (Santosa, 2000:75-76).
Perkembangan teknologi kini semakin pesat di berbagai negara, utamanya negara bagian barat dan diikuti oleh asia seperti Jepang, Cina dan negara asia lainya. Berbagai macam inovasi-inovasi yang luar biasa telah tercipta oleh tangan-tangan dan pemikiran cerdas manusia.
Sehingga kemajuan teknologi dari dulu sampai sekarang terus mengalami perubahan yang signifikan dan hal ini dapat dibuktikan dengan lahirnya teknologi yang sangat canggih yang mempermudah kehidupan masyarakat dunia.
Revolusi dan kemajuan teknologi dihasilkan dari pengembangan-pengembangan metode baru dalam membantu penyelesaian tugas-tugas manusia.
Kemajuan teknologi memang sangat penting bagi kelangsungan hidup umat manusia dan di berbagai belahan dunia, kemajuan teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi, sandang dan pangan umat manusia di dunia.
Hal ini menjadi bukti nyata bahwa memang teknologi telah menjadi kebutuhan permanen di setiap kegiatan manusia. dan terlebih lagi setelah adanya penemuan laptop, komputer dan telepon genggam yang sekarang hampir semua pekerjaan manusia berkaitan dengan 3 benda tersebut.
Sehingga tidak dapat di pungkiri bahwa laptop, komputer dan handphone atau sejenisnya telah menjadi penemuan yang paling berpengaruh di kehidupan manusia sekarang dan yang akan datang di masa depan.

Komentar