Perusahaan cloud computing : Google LLC


Google LLC merupakan perusahaan besar dalam bidang teknologi, khusunya internet Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford.

Salah satu produk dari google adalah Google Drive,  google membuat google drive agar pengguna dapat menyimpan file disuatu server. File yang telah simpan dapat dibuka dengan menggunakan gmail. Dengan goole drive pengguna tidak perlu menyimpannya di memori computer atau handphone, pengguna dapat mengaksesnya asal terhubung internet.

  • Fasilitas Google Drive

  1. Google Drive memberikan ruang (space) gratis sebanyak 5 GB. Kalau kurang Anda dapat meng-upgrade menjadi 25 GB dengan membayar $2.49 per bulan atau $30 (sekitar Rp280 ribu) per tahun.
  2. Membuat dokumen baru, spreadsheet, dan presentasi secara instan. Dapat mengedit suatu dokumen dengan kolega bersama-sama pada waktu yang sama. Ini salah satu kelebihan Google Drive jika dibandingkan dengan situs berbagi pakai.
  3. Gmail attachment (sisipan) tidak perlu lagi. Link dari Google Drive dapat dikirim ke Gmail untuk dijadikan attachment secara otomatis.
  4. Video dan Foto yang tersimpan di Google Drive akan otomatis tersedia di Google Plus.
  5. Mesin pencari khusus tersedia di Google Drive untuk mencari berkas yang ada. Dilengkapi dengan opsi pencarian berbasis ekstensi (jenis) file, bukan hanya nama berkasnya saja.
  6. Dapat membuka semua format file, termasuk Adobe HD Video, Photoshop, dll walaupun Anda belum menginstal software tersebut di komputer.
  7. Dapat berbagai file (berkas) dengan menggunakan berbagai aplikasi. Jadi, fitur ini fungsinya sama dengan situs berbagi pakain lain.
  8. Simpan otomatis. Begitu Anda membuat perubahan di salah satu file di Google Drive, ia akan tersimpan secara otomatis.



Dalam hal layanan, Google Drive memiliki kesamaan dengan Dropbox yaitu adanya layanan berbayar. Google Drive memang tak selamanya gratis. Setelah kapasitas 15 GB telah habis, maka untuk menambah kapasitas penyimpananhingga 100 TB, pengguna akan dibebankan sejumlah pembayaran dengan sebuah harga tertentu.

Berikut beberapa keunggulan Google Drive :

  1. Dengan Hard Google, yang dapat menyimpan semua file di satu tempat, sehingga kita dapat mengaksesnya dari mana saja dan berbagi dengan orang lain.
  2. Gunakan Google Hard Android app untuk mengakses foto, dokumen, video dan file lain yang disimpan pada Google Drive.
  3. KIta bisa upload/download file ke Hard Google langsung dari perangkat
  4. Membuat file folder yang tersedia offline sehingga anda dapt mengaksesnya bahkan ketika anda tidak memiliki koneksi internet.
  5. Membuat dan mengedit dokumen Google dengan format rich text.
  6. Lakukan perubahan cepat untuk spreadsheet.
  7. Bisa membaca file PDF
  8. Upload dan mengkonversi file ke format Google Docs.
  9. Mengambil foto dari teks dicetak dan mengubahnya menjadi dokumen Google
  10. Support untuk penggunna tablet, Honeycomb (Android 3.0 +)
  11. Buka dan lihat file apapun.
  12. Simpan file seseorang di tempat yag aman
  13. Akses dimana saja.
  14. Penelusuran yang canggih
  15. Lebih dari penyimpanan kolaborasi.


Kelemahan Googe Drive :

Kelemahan penyimpanan data online adalah ketergantungan kita dengan jaringan internet. Untuk wilayah Indonesia tidak semua tempat memiliki akses internet yang memungkinkan dapat berjalan dengan lancar.

Sumber :
http://blog.ecampuz.com/berkenalan-dengan-teknologi-cloud-computing/
https://id.wikipedia.org/wiki/Google




Komentar