Install XAMPP server di Windows 10

XAMPP adalah software aplikasi pengembang yang digunakan untuk pengembangan website berbasis PHP dan juga sebagai server untuk local dalam pembuatan database dengan MySQL.
XAMPP juga berperan sebagai localhost, yaitu server yang dapat digunakan sebagai hosting website, sehingga dapat digunakan dalam mengembangkan aplikasi web berbasis database juga.
Software XAMPP ini banyak digunakan oleh kalangan pemrograman web, di mana para pembuat web ini dapat membangun web tanpa bantuan koneksi internet.
Penjelasan dari bagian – bagian XAMPP:

XAMPP bisa dijalankan di 4 platform OS, yaitu Windows, Linux, Mac OS dan Solaris
Pada XAMPP terdapat Apache yang merupakan aplikasi web server yang bersifat opensource.
Opensource artinya dapat diperoleh secara gratis dan dikembangkan oleh setiap orang.
XAMPP merupakan kepanjangan X(sistem operasi), Apache, MySQL, PHP, Perl.
Apache berperan dalam menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web.
Apache adalah web server yang akan menampilkan website di internet dengan menggunakan browser Mozilla Firefox, Google Chrome, IE, Safari dan lain – lain. Apache akan menampilkan website berdasarkan kode – koed yang ditulis di dalam bentuk  PHP atau pun HTML serta memanfaatkan MySQL sebagai server dari suatu database.
Apache sendiri bersifat opensource sehingga dapat dikembangkan oleh siapa saja.
MySQL merupakan aplikasi database server. Pengembangannya menggunakan bahasa SQL (Structure Query Language) yang merupakan bahasa terstruktur yang digunakan dalam pengolahan database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database seperti menambah, mengubah, menghapus data di dalam database.
MySql merupakan DBMS(Database Management System) atau sistem manajemen database yang bersifat At Relational yang artinya data – data yang dikelola dalam database diletakkan pada beberapa tabel yang terpisah sehingga dapat dimanipulasi secara lebih cepat.
PHP adalah bahasa pemrograman web yang memungkinkan menciptakan web yang dinamis.
Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting.
Berbeda dengan HTML yang sourcode-nya langsung ditampilkan di website yang dibangun, di dalam PHP sourcode tidak bisa ditampilkan di halaman muka suatu website karena PHP diolah dan diproses di server.Sistem Manajemen Database yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQL, namun PHP juga mendukung Microsoft Access, Oracle, d-base, PostgresSQL, dan sebagainya.

Perl adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam penanganan teks dan berbagai jalan pintas untuk menyelesaikan persoalan – persoalan umum. Perl pertama kali dikembangkan oleh Larry Wall di mesin Unix.

Cara install xampp pada Windows 10

1. Download installer software xampp. Pilih xampp for windows.


2. Setelah proses download selesai Klin Run untuk memulai proses instalisasi.


3. Apabila muncul pemberitahuan seperti gambar dibawah ini, klik ok.



4. Klik next saja.


5. Pada tahap ini, kita memilih Server apa saja yang akan diinstal pada XAMPP, setelah selesai memilih komponen yang akan diinstal, klik next.




6. Tahap menentukan lokasi file xampp

Pada gambar diatas kita mengatur lokasi folder untuk menyimpan file-file xampp, saya menyimpan Xampp pada folder C:\xampp.

7. Klik next

8. Setelah kita telah mensetting apa saja yang dibutuhkan,maka langkah selanjutnya adalah penginstallan, kalian akan melihat tampilan sepert dibawah ini, klik next.

9. Tunggu proses install selesai.

10. Setelah proses install selesai maka akan muncul tampilan dibawah ini, klik finish untuk membuka control panel dari xampp.

11. Gambar dibawah ini merupakan tampilan dari pada xampp control panel.

Komentar