TUGAS 4 REVIEW PROPOSAL


REVIEW PROPOSAL

1.      Proposal Perusahaan “DARK FIBER”
Perusahaan yang berfokus pada bidang Penyedia Layanan Jaringan / Internet Service Provider (ISP). Nama perusahaan ini diambil dari salah satu jenis kabel jaringan yang sekarang banyak digunakan karena memiliki kecepatan yang tinggi. Namun perusahaan ini dalam pengajuan proposalnya belum mencantumkan badan hukum usaha yang dibutuhkan seperti NPWP yang sangat dibutuhkan untuk membuat suat bentuk usaha khusus layanan jaringan. Ada pula kelemahan lainnya yaitu pemasangan jaringan hanya bisa dialkukan secara offline, manajemen pengelola kurang rapi, SDM yang belum bisa memenuhi keinginan konsumen. Strategi pemasaran yang dilakukan sudah cukup baik dengan memberikan gratis maintenance dan garansi selama 1 bulan yang membuat pelanggan semakin tertarik  dengan layanan yang diberikan. Saran untuk perusahaan dark fiber ini lebih di tingkatkan lagi penjualan jasa dengan fasilitas nya, lebih berusaha melakukan promosi guna mendapatkan pelanggan tetap dan kepercayaan konsumen serta dikembangkan lagi produk dan jasa yang ditawarkan.

2.      Proposal Perusahaan “ADERMI” :
Perusahaan jasa penyedia hosting domain dan bergerak dalam bidang Teknologi Informasi. Usaha ini dijalankan dengan berbasis CV (Commanditaire Vennootschap) yang menyediakan hosting berbayar serta memberikan pelayanan terbaik untuk customer. Namun perusahaan ini mengamati dan menganalisa pesaing diluar sana yang memiliki usaha yang memiliki kesamaan dengan produk yang ditawarkan dan pada proposal belum dijelaskan mengenai Analisa pesaing yang dapat dijadikan acuan yang tidak dimiliki perusahaan lain. Selain itu yang menarik pada perusahaan ini yaitu menguasai pemahaman tentang website, menguasai pemahaman dan pengaturan hosting domain, menguasai web server dan proses maintenancenya serta menguasai pengoptimalan SEO.

3.      Proposal Perusahaan “RITZA CORP” :
Perusahaan tersebut bergerak dalam penyediaan barang dan jasa instalasi server client yang terpercaya dan mengutamakan kualitas. Perusahaan ini memanfaatkan potensi yang ada guna menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas serta kenyamanan pelanggan yang akan dibuat. Tetapi kekurangan dari peusahaan ini terbatasnya ketersediaan barang yang disediakan, harga yang relative lebih mahal jika dibandingkan kalangan menengah kebawah. Maka dari itu perusahaan harus memperhatikan ketersediaan barang agar tidak selalu kosong dan harga yang relatif lebih murah, selalu berani bertanggungjawab jika terjadi malfungsi baik dari alat maupun tenaga SDM nya, terus memperbaiki dan mengembangkan jasa yang lebih berpengalaman.

4.      Proposal Perusahaan “OOP (Oke Oce Production)” :
Perusahaan OOP atau Software House yakni suatu perusahaan yang bergerak dibidang layanan aplikasi dan software seperti Mobile Application, Web Application, SEO (Search Engine Optimization) Analyst. Kekurangan dari perusahaan ini yaitu saat pengajuan proposal belum mencantumkan badan hukum usaha yang dibutuhkan seperti NPWP. Jika perusahaan belum menetapkan badan hukum tersebut maka layanannya masih bersifat illegal dan memungkinkan di blok oleh pemerintah. Namun aspek produksi khususnya produk dan jasa dijelaskan cukup baik dan alur yang dijabarkan mudah dipaham untuk setiap layanan yang ditawarkan. Namun saat penjelasan Analisis SWOT masih ditingkatkan lagi karena masih belum berelasi satu sama lainnya.


PROPOSAL USAHA

Proposal biasanya digunakan untuk pengajuan permohonan, permohonan tersebut berupa dana atau dukungan (Sponsor). Rencana kegiatan yang dituliskan dalam bentuk rancangan kerja yang akan dilaksanakan. Rancangan tersebut ditulis secara detail agar pihak yang berkepentingan dapat memahami dengan baik tujuan dari dibuatnya proposal.
Sistematika membuat proposal usaha :
·         Judul Proposal
Contoh judul proposal kegiatan misalnya “PROPOSAL PERENCANAAN PERUSAHAAN ARKANIS VISION”.
·         Latar Belakang
Latar belakang proposal usaha ini isinya adalah dasar dan alasan usaha itu didirikan.
·         Tujuan
Tujuan proposal adalah manfaat atau hasil yang diharapkan dari dibangunnya usaha tersebut.
·         Analisa Pemasaran
Analisa Pemasaran proposal usaha ini menjelaskan sasaran utama konsumen dan perkiraan jumlah persediaan produk & jasa.
·         Produk & Jasa
Produk & Jasa proposal usaha ini menjelaskan produk dan jasa apa saja yang disediakan oleh perusahaan yang akan dibangun.
·         Jumlah Tenaga Kerja
Jumlah Tenaga Kerja yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha.
·         Anggaran
Anggaran dari proposal usaha ini harus dilampirkan secara terperinci dan sedetail mingkin.
Menurut penulis, proposal usaha yang baik memenuhi poin-poin dari sistematika proposal diatas.

Komentar