TUGAS PKM2 : Perusahaan Penyedia Pelayanan Virtual


Yang Menerapkan Cloud Computing Sebagai Penyedia Pelayanan Virtual :


Cloud computing atau Komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service),  sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (“di dalam awan”)  tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing “Cloud Computing adalah suatu paradigma dimana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.



Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server.



Amazon Web Services (AWS)




AWS diluncurkan pada 2006 dari infrastruktur internal yang dibangun Amazon.com untuk menangani operasi ritel online-nya. AWS adalah salah satu perusahaan pertama yang memperkenalkan model cloud computing pay-as-go-go yang   mengatur skala untuk menyediakan kepada pengguna komputasi, penyimpanan, atau throughput sesuai kebutuhan.



AWS menawarkan berbagai alat dan solusi untuk perusahaan dan pengembang perangkat lunak yang dapat digunakan di pusat data di hingga 190 negara. Kelompok-kelompok seperti lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, organisasi nirlaba dan organisasi swasta dapat menggunakan layanan AWS.



Cara kerja AWS

AWS dipisahkan menjadi berbagai layanan; masing-masing dapat dikonfigurasi dengan berbagai cara berdasarkan kebutuhan pengguna. Pengguna harus dapat melihat opsi konfigurasi dan peta server individual untuk layanan AWS.



TELKOM


Salah satu perusahaan di Indonesia yang menyediakan pelayanan Cloud Computing ini adalah yaitu PT. Telekomunikasi Indonesia yang bekerja sama dengan Microsoft . Cloud computing merupakan salah satu layanan unggulan dari empat area pertumbuhan Telkom yang diharapkan dapat meningkatkan revenue portofolio information Telkom. Telkom sangat bagus dalam layanan cloud computing dalam bidang komunikasi.



Layanan ini dapat membuat perusahaan dengan cepat dan mudah meningkatkan kapasitas penyimpanan, karena didapat secara virtual. Solusi yang dikembangkan oleh PT.Telkom dan Microsoft hadir dalam bentuk Microsoft Windows Exchange dan Office Communications Server Hosted dimana merupakan salah satu jalan untuk membantu bisnis di Indonesia mengadopsi teknologi cloud computing dengan biaya relatif murah.



2. Sebutkan masing - masing fungsi layanannya :



Amazon




LAYANAN KOMPUTASI


Layanan ini di khususkan untuk memberi infrastruktur untuk pengguna yang ingin menggunakan Amazon untuk melakukan komputasi seperti server atau clustered server. Di mana server-server tersebut disebut instance.



Amazon Elastic Compute Cloud (EC2) adalah platform komputasi berupa virtual computer yang dapat di kustomisasi maupun di kembangkan dengan menggunakan prinsip cluster dan load balance.


Amazon Elastic Map Reduce adalah layanan yang membantu dalam analisis data seperti data penjualan, data stock, data server log dan lain-lain. Yang kemudian data-data tersebut dapat di konversikan menjadi sebuah hasil analisis yang dapat digunakan dalam sistem pengambil keputusan.


Elastic Load Balancing adalah layanan yang menjadi satu paket dengan Amazon EC2, di mana layanan ini berfungsi untuk menyeimbangkan beban antara instance-instance yang kita miliki dalam Amazon EC2.




LAYANAN PENYIMPANAN


Layanan yang memberi infrastruktur untuk pengguna yang ingin menggunakan Amazon untuk melakukan penyimpanan. Layanan ini dapat digunakan oleh user sebagai media backup maupun Content Delivery Network (CDN).



Amazon Simple Storage Service (S3) adalah layanan media penyimpanan media internet. Amazon S3 dapat menjadi shared folder maupun Network Attached Storage.


Amazon Elastic Block Store (EBS) adalah tempat penyimpanan di sistem operasi Amazon EC2. EBS ini juga merupakan media yang disimpan di atas Amazon S3


AWS Storage Gateway adalah layanan penyimpanan yang disediakan Amazon untuk perusahaan berskala besar.


Amazon CloudFront adalah layanan untuk distribusi konten ke berbagai lokasi server Amazon.




LAYANAN BASIS DATA


Layanan ini dikhususkan untuk basis data, dimana basis data kita tersebut disimpan di cloud, dan dapat di akses dari mana saja secara aman, cepat dan terpercaya.



Amazon Relational Database Service (RDS) adalah layanan server basis data dimana data dan server akan berada di cloud yang akan menjamin kualitas koneksi, kecepatan, keamanan dan kehandalan. Kita dapat memiliki aplikasi server yang kita mau seperti: MySQL, Oracle dan SQL


Amazon DynamoDB adalah layanan server basis data yang NoSQL dengan kualitas koneksi, kecepatan, keamanan dan juga mudah di setup dan konfigurasi.


Amazon SimpleDB adalah layanan server basis data yang NoSQL yang mirip dengan Amazon DynamoDB namun dengan skala yang lebih kecil.


Amazon ElastiCache adalah layanan memory cache di atas cloud.




LAYANAN JARINGAN


Layanan ini dikhususkan untuk mengatur jaringan antara layanan-layanan yang di dalam cloud maupun di luar cloud.



Amazon Route 53 adalah layanan untuk domain name server (DNS).


Amazon Virtual Private Cloud (VPC) adalah layanan untuk membuat private cloud dengan menggabungkan layanan-layanan yang ada dalam Amazon Web Services.




LAYANAN APLIKASI


Layanan aplikasi ini disediakan oleh Amazon untuk melengkapi layanan-layanan yang lainnya. Layanan-layanan ini seperti aplikasi pencarian, aplikasi notifikasi, aplikasi email server, aplikasi workflow.



Amazon CloudSearch adalah layanan untuk menggabungkan fungsi pencarian dari Amazon Cloud Search dengan aplikasi yang kita miliki.


Amazon Simple Workflow Service (SWF) adalah layanan alur kerja proses bisnis atau mengelola infratruktur cloud di dalam Amazon Web Service.


Amazon Simple Queue Service (SQS) adalah layanan yang menyediakan sistem antrian pesan/intruksi dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.


Amazon Simple Notification Service (SNS) adalah layanan yang menyerupai mailing list, di mana kita dapat melakukan notifikasi kepada klien, nasabah maupun pengguna-pengguna lainnya dengan mengirimkan Email dan SMS.


Amazon Simple Email Service (SES) adalah layanan Email yang memperbolehkan menggunakan email server cloud untuk mengirimkan email dengan aman dan cepat.




 B. TELKOM



Infrastructure as a Service (IAAS)


Telkom mengeluarkan Layanan TelkomCloud IaaS yang merupakan bagian dari layanan cloud computing Telkom yang memungkinkan pelanggan mendapatkan sumber daya komputasi (compute) dan penyimpanan data (storage) melalui jaringan Internet maupun private WAN, sehingga pelanggan dapat menjalankan aplikasi yang dimilikinya tanpa perlu memikirkan penyediaan hardware maupun fasilitas data center. Hal ini dapat memberikan keuntungan antara lain berupa kemampuan pelanggan untuk menangkap peluang bisnis lebih cepat (faster time-to-market), meningkatkan fokus pada core business serta dapat meng-efisiensi-kan biaya.



Virtual Server


Paket Virtualized Server (VPS)  adalah layanan Virtual Server dengan Operating System (OS) Windows Server 2008 R2 yang dapat anda gunakan dengan bebas dengan metode pembayaran perbulan tanpa memerlukan investasi baik dari sisi hardware server dan lisensi. Broadband + virtual Dedicated Server, sebuah bentuk IaaS. Teknologi Virtual Private Servers, memungkinkan sebuah perusahaan dapat berbagi biaya server dengan pelanggan yang lain dengan tetap memegang kendali penuh terhadap aplikasi mereka. VPS berjalan pada web server dan memberikan akses dengan privasi penuh dan bandwidth yang terjamin, CPU dan ruang disk.



Software as a Service (SAAS)


Software as aService (SaaS) adalah suatu model penyampaian aplikasi perangkat lunak dimana pelanggan membayar untuk mengakses dan menggunakan aplikasi yang dioperasikan (baik secara mandiri maupun melalui pihak ketiga) untuk digunakan oleh pelanggannya melalui Internet. TelkomCloud SaaS adalah solusi terintegrasi yang menyediakan layanan aplikasi serta infrastruktur IT melalui cloud. Layanan ini membantu perusahaan dalam mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya.



SaaS Telkomcloud terdiri dari :



.  e-Mail (Zimbra)

.  e-Project (Transformer)

.  e-Official Memo

.  M-Forces





3. Sasaran dan Pangsa Pasarnya



Sasaran dan Pangsa Pasar dari kedua pasar ini adalah perusahaan - perusahaan yang baru atau ingin menghemat instalisasi alat untuk mendukung perusahaanya. Selain perusahaan, pelajar menjadi sasaran untuk mengembangkan skill dari pelajar tersebut.





Sumber :



https://farizes.wordpress.com/2016/04/05/perusahaan-perusahaan-yang-menyediakan-layanan-cloud-computing/
http://timur.ilearning.me/2017/06/19/apa-itu-amazon-web-services-aws/

Komentar